Minggu, 01 April 2012

PENGOLAHAN AIR LIMBAH SECARA BIOLOGI I

PENGOLAHAN AIR LIMBAH SECARA BIOLOGI





Pengolahan air limbah secara biologi merupakan pengolahan air limbah dengan memanfaatkan mikroorganisme. Mikroorganisme ini dimanfaatkan untuk menguraikan bahan-bahan organic yang terkandung dalam air limbah menjadi bahan yang lebih sederhana dan tidak berbahaya. Pemakaian mikroorganisme disebabkan karena mikroorganisme memiliki enzim, enzim inilah yang berfungsi untuk menguraikan bahan organic tersebut. Jenis mikroorganisme yang umum dipergunakan dalam pengolahan air limbah adalah “BAKTERI”.
Kehidupan mikroorganisme sangat dipengaruhi oleh lingkungannya, sehingga dalam pengolahan air limbah secara biologi harus memperhatikan lingkungan mikroorganisme yaitu : derajat keasaman (pH), temperature, bahan makanan (nutrient) dan kebutuhan oksigen.
Berdasarkan kebutuhan oksigen, pengolahan air limbah secara biologi dapat dibedakan menjadi 3 (tiga) proses yaitu :


a.  Pengolahan air limbah secara biologi aerob, yaitu pengolahan air limbah  dengan mikroorganisme disertai dengan injeksi oksigen (udara) kedalam proses. Pada proses ini jenis mikroorganisme yang dipergunakan adalah mikroorganisme yang hidup dengan adanya Oksigen Oksigen yang diinjeksikan dimanfaatkan oleh kehidupan mikroorganisme dan proses oksidasi
b.  Pengolahan air limbah secara biologi anaerob, yaitu pengolahan air limbah  dengan mikroorganisme Tanpa injeksi oksigen (udara) kedalam proses. Pada proses ini jenis mikroorganisme yang dipergunakan adalah mikroorganisme yang dapat hidup tanpa adanya Oksigen
c.    Pengolahan air limbah secara biologi “Fakultatif”, yaitu pengolahan air limbah  dengan mikroorganisme Tanpa injeksi oksigen (udara) secara langsung kedalam proses. Pada proses ini terdapat dua jenis mikroorganisme yang dipergunakan yaitu  mikroorganisme aerob dan anaerob. Pada proses ini, umumnya pada bagian atas kolam (tangki) akan bersifat aerob sedangkan pada bagian bawah kolam akan bersifat anaerob.

Berdasarkan metode pertumbuhunan mikroorganisme, pengolahan air limbah secara biologi dapat dibedakan menjadi 2 (dua) metode yaitu : 
  1. Metode Pertumbuhan Tersuspensi. Pada metode ini mikroorganisme hidup tersuspensi (tercampur secara merata) didalam air limbah. Pada metode ini dibutuhkan clarifier yang berfungsi untuk memisahkan mikroorganisme setelah proses, dan mikroorganisme yang terpisah sebagian besar dipergunakan kembali (recycle) kedalam proses dan sebagian kecil dibuang. Pembuangan mkroorganisme dilakukan untuk mengendalikan jumlah mikroorganisme dalam proses sehingga jumlah mikroorganisme dalam proses tidak berlebih maupun kurang karena hal ini akan mempengaruhi kinerja pengolahan air limbah. 
         Contoh Metode Pertumbuhan Tersuspensi seperti pada gambar berikut : 

                                        


 
Pada gambar tersebut diatas, mikroorganisme tersuspensi dalam air limbah, tersupensinya mikroorganisme dilakukan dengan menginjeksikan udara sehingga mikroorganisme teraduk dalam air limbah. Metode distribusi oksigen (udara) kedalam air limbah seperti gambar berikut :

                                     

     Model Distribusi udara didalam air limbah, distributor diletakkan pada bagian dasar bak


                                       
 
Pada gambar diatas, mikroorganisme tersuspensi karena dilakukan pengadukan secara mekanik pada permukaan air.

                

 Proses diatas merupakan salah satu contoh konsep pengolahan air limbah secara biologi  aerob dengan metode pertumbuhan tersuspensi

  1. 2. Metode Pertumbuhan Melekat. Pada metode ini mikroorganisme hidup dengan melekat pada suatu media, mikroorganisme dilekatkan pada suatu media. Media yang dipergunakan untuk melekatkan mikroorganisme merupakan media padat yang porous (permukaan agak kasar) sehingga mikroorganisme dapat melekat dengan kuat. Pada proses ini tidak membutuhkan clarifier untuk pemisahan mikroorganismenya karena dari proses pengolahan tidak ada mikroorganisme yang keluar. Jika dioperasikan secara kontinyu akan dibutuhkan clarifier dengan ukuran tidak sebesar pada metode partumbuhan tersuspensi.

Contoh Metode Pertumbuhan Melekat seperti gambar berikut :

                                   
 
Pada gambar diatas, mikroorganisme dilekatkan pada Disc (Piringan) yang berputar dengan kecepatan tertentu. Proses ini mempergunakan teknologi RBC (Rotating Biological Contactor).

                                        


Mekanisme pengolahan air limbah dalam pertumbuhan melekat seperti gambar diatas, Mikroorganimse pada bagian dalam bersifat anaerob, sedangkan pada bagian luar bersifat aerob, hal ini terjadi karena pada saat disc berputar akan berkontak dengan udara luar, sedangkan mikroorganisme bagian dalam tidak mendapat oksigen karena tertutupi oleh mikrooragnisme bagian luar. 

Contoh lain metode pertumbuhan melekat seperti gambar berikut :

                                             
 
 
Pada gambar diatas, mikroorganisme dilekatkan pada media padat yang disusun secara rapi sesuai pola aliran yang diinginkan. Bentuk dan teknik pemasangan media pertumbuhan mikroorganisme sangat berpengaruh terhadap hasil pengolahan air limbah, penyusunan dilakukan agar waktu kontak bisa agak lama.  Metode ini biasanya dikenal dengan “trickle filter, trickling biofilter, biofilter, biological filter or biological trickling filter”. Air limbah didistribusikan melalui bagian atas berupa spray dan berkontak dengan mikroorganisme yang menempel pada media padat.

 
Konsep aplikasinya dapat dioperasikan secara aerob maupun anaerob, pada operasional aerob, diinjeksikan udara kedalam trickling filter, injeksi dilakukan melalui bagian bawah. 




*******BERSAMBUNG*******


******SEMOGA TULISAN INI BERMANFAAT**********















6 komentar:

  1. sangat bermanfaat! trima kasih

    BalasHapus
  2. OSA Pak Ketut,

    Blog bapak bermanfaat buat review tentang WWT :)

    BalasHapus
  3. SPESIFIKASI KATFLOC® RAW & WASTE WATER TREATMENT PRODUCT
    Katfloc® merupakan seri produk koagulan (organic dan anorganik) dan flokulan (anionic, nonionic dan kationik) yang efektif untuk menjernihkan air sungai, danau , sumur maupun air limbah.
    Dengan dukungan tenaga ahli yang kompeten serta fasilitas laboratorium kimia yang lengkap, kami menawarkan system pengolahan air yang efisien.
    Isi 30 liter
    Untuk informasi lebih lanjut tentang produk ini bisa menghubungi saya di
    Mobile:081310849918(Tommy,)
    Email : Tommy.transcal@gmail.com

    BalasHapus
  4. faire et est spécialisé dans la fabrication de montres mécaniques compliquées.digit revenue growth before the closure,Salvatore Ferragamo FY2016 salesktóra harmonijnie łączy tradycyjne rzemiosło z innowacyjną technologią,replica breitling watchкоито на свой ред са рециклируеми и сертифицирани от Съвета за стопанисване на горите (FSC).Le chiffre d'affaires devrait augmenter de 10 à 15 % et le bénéfice net pourrait bondir de 40 % au cours de l'exercice se terminant le 31 mars,he exceptionally replied [because I want to focus on style rather than fashion,08 Viime vuonna Tmallissa toimi keskimäärin yksi luksusbrändi viikossa Tmallin viimeisimpien tietojen mukaan vuonna 2020 keskimäärin yksi luksusbrändi avasi lippulaivamyymälän Tmallissa viikoittain,Alexander McQueen shoes saleja tilastoja on oikaistu 2.month sales for the Gap Group are expected to be approximately US$15.hver især med unikt håndværk,Dieses "Du hast mich,repliki rolex cellini4,a difference of nearly 20%; and compared to For lower-De nieuwe kronenepidemie zou de luxe-finished silver- link

    BalasHapus